TRUE DETECTIVE

TRUE DETECTIVE

7 Ekspresi Dasar Wajah Manusia

Posted by




Sebelumnya mungkin saya terlalu terburu-buru untuk menjelaskan mengenai bahasa tubuh/body language sehingga saya tidak memberikan kepada anda-anda sekalian informasi mengenai dasarnya terlebih dahulu (baca: Identifikasi Bahasa Tubuh, 3 Hal Yang Menunjukkan Anda Bosan). Nah, pada kesempatan ini saya akan menjelaskan dasar dari bahasa tubuh tersebut. 

Salah satu jenis identifikasi bahasa tubuh/body language yang paling membantu kita untuk mengenali berbagai macam emosi dan membantu kita dalam membaca orang lain adalah Mikroekspresi. Apa itu mikroekspresi? Menurut Christoper Hadnagy dalam bukunya Social Engineering: The Art of Human Hacking, Mikroekspresi adalah berbagai jenis ekspresi yang tidak mudah untuk dikontrol dan terjadi atas reaksi terhadap emosi-emosi tertentu. Walaupun tidak mudah untuk dikontrol, mikroekspresi terkadang susah untuk dikenali karena bisa saja hanya muncul sebentar (bisa sampai 1/25 detik), sehingga kita mesti jeli untuk melihat ekspresi-ekspresi ini. 

Pada tahun 1972, dr. Paul Ekman mengidentifikasi 6 jenis ekspresi universal yang terjadi pada manusia, lalu kemudian bertambah menjadi 7 buah. Berikut adalah ekspresi-ekspresi universal berikut:

1.   Marah

Ekspresi Kemarahan
Dari berbagai ekspresi yang terdapat pada manusia, marah adalah yang paling menonjol dan paling mudah dikenali. Saat kita sedang marah, bibir akan mengecil dan tegang (dikarenakan tekanan) dan alis ditekuk ke bawah dan seolah ingin disatukan satu sama lain. Hal ini menyebabkan terjadinya karakteristik yang paling menonjol saat kita marah yaitu sorot mata dan munculnya 2 garis vertikal di antara alis.

Mengenai ekspresi marah, dr. Paul Ekman menyarankan untuk melatihnya dengan langkah-langkah berikut:

dr. Paul Ekman

a.  Tarik kedua alis turun. Kemudian buat seolah kedua alis tersebut ingin disatukan menggunakan kekuatan wajah. Cobalah untuk seolah kita ingin membuat bagian dalam alis kita ingin menyentuh hidung. 

b.  Saat alis turun, cobalah untuk membuka lebar mata tanpa mengubah bentuk alis yang telah dikondisikan sebelumnya.

c.    Tekan kedua bibir satu sama lain bersama-sama. Tidak usah mengkerutkan bibir, cukup tekan satu sama lain.

d.    Lakukan sorotan mata yang tajam (mempelototi)

Cobalah untuk melakukan langkah-langkah di atas, dan kalian akan menyadari adanya emosi yang muncul seiring dengan ekspresi yang kita lakukan. Lakukan latihan ini hingga benar dan lakukan di depan cermin.

2.   Jijik

Jijik adalah emosi kuat yang muncul akibat reaksi terhadap sesuatu yang tidak kita suka. Perasaan ini biasanya tidak hanya muncul pada objek tertentu saja, namun hal ini muncul juga pada hal-hal yang menyangkut keyakinan atau perasaan seseorang. Hal-hal seperti bau busuk, makanan yang dibenci, dan bahkan hanya membayangkan saja emosi ini bisa muncul. Ekspresi jijik biasanya memiliki karakteristik bibir atas yang terangkat sehingga gigi terlihat dan hidung mengerut. Seorang perekayasa sosial yang ahli, menggunakan emosi ini untuk melihat selera atau ide yang tidak disukai oleh targetnya.

3.   Contempt

Emosi jijik yang berbeda dengan jijik pada poin 2 ini dikenal dalam Bahasa Inggris dengan sebutan contempt. Emosi ini muncul hanya karena jijik terhadap tindakan manusia tertentu bukan karena selera, bau atau hal-hal lain seperti pada nomor 2. Salah satu ciri yang menonjol pada perasaan contempt adalah terangkatnya sebelah ujung bibir. Kita mengenal ekspresi ini dengan sebutan ekspresi meremehkan. Emosi contempt biasanya sering muncul seiring dengan munculnya kemarahan. Jika kalian sedang bersosialisasi dengan orang lain, maka hindari sebisa mungkin ekspresi ini.

4.   Takut

Rasa takut adalah salah satu jenis ekspresi dasar lainnya yang muncul pada manusia. Untuk memunculkan rasa takut, silahkan lakukan eksperimen ini:
a.       Angkat alismu setinggi mungkin
b.  Sebisa mungkin, buat mulutmu “jatuh” ke bawah dan tarik sudut mulut/bibir seolah ada yang menariknya ke belakang
Bagaimana? apa yang kamu rasakan? Apa yang terjadi pada tangan dan perut saat melakukan ekspresi ini? Jika kamu ingin melatih ekspresi ini, silahkan bayangkan situasi yang paling menakutkan pada hidupmu.

5.   Terkejut

Ekspresi terkejut adalah ekspresi dasar lainnya yang hampir mirip dengan ekspresi takut sehingg sulit untuk dibedakan. Perbedaan yang paling mencolok antara ekspresi takut dan terkejut adalah rahang dan alis. Pada saat terkejut, alis lebih luas dan lebar sementara rahang jatuh ke bawah sehingga mulut terbuka (istilah kerennya: melongo).

6.   Sedih

Sedih merupakan salah satu emosi kuat lainnya yang mampu membuat orang lain di sekitar kita melakukan hal yang sama. Ketika kita melihat orang lain mengekspresikan rasa sedih, maka kita akan melihat orang-orang di sekelilingnya melakukan hal yang sama, bahkan ada yang sampai menangis.

Yang unik dari rasa sedih ini adalah rasa sedih tidak selalu harus muncul melalui rasa yang mendalam. Kesedihan juga bisa terlihat hanya melalui salah satu bagian wajah saja. Mungkin kita pernah melihat kejadian di mana orang tersenyum sementara matanya menunjukkan ekspresi sedih?

7.   Gembira

Ekspresi terakhir yang paling mudah untuk dikenali adalah rasa gembira. Rasa gembira ini biasanya mampu kita lihat melalui ekspresi senyum dan tawa. Hanya saja, hati-hati untuk membedakan antara senyum palsu dan senyum asli dikarenakan cukup susah untuk membedakannya. Senyum asli memiliki karakteristik pipi yang lebih naik daripada senyum-senyum palsu.

Sumber:       1. Social Engineering: The Art of Human Hacking
2. Emotions Revealed



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 01.47.00

2 komentar:

  1. Bagaimana cara menebak orang yang berdarah dingin alias tanpa ekspresi?

    BalasHapus
  2. Buku Social Engineering: The Art of Human Hacking udah ada versi Indonesia ???

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Google+ Followers

Diberdayakan oleh Blogger.

Pencarian

Bergabung??

Google Follower

Mau Berlangganan? Daftarkan E-mail anda! :-)

* indicates required